13 Juli 2013

Fenomena Kurikulum Baru 2013: By Design atau By Accident ?



Simpulan sementara atas laporan real time dari Diklat GURU INTI Kurikulum 2013 di berbagai tempat, yang diperbincangakan di Grup Facebook Ikatan Guru Inonesia (IGI) Pusat,sebagaimana dibuat resumenya oleh salah seorang admin Grup FB IGI Pusat, Pak Setiawan Agung Wibowo sangat mengejutkan..!

dari awal para pendukung kurikulum 2013 hanya sibuk mengatakan perubahan, perubahan..dan tanpa ada keyakinan akan adanya bentuk pasti dari model pembelajaran apa yang akan lebih dikemukakan. Disisi lain dari pihak yang menolak Kurikulum 2013 juga tidak siap menerima dengan berbagai dalih perubahan yang dicanangkan oleh pihak kemdikbud yang hanya sebatas kertas kerja. (heheh...)

Ada yang bertanya apa yang akan membawa perubahan dari Kurikulum 2013 selain judulnya saja yang berubah? Lha wong persiapannya saja terkesan tidak matang, langkah-langkahnya tidak dipersiapkan dengan cermat...???
Sekarang sudah mulai terbukti dengan hal yang dikhawatirkan para penolak kurikulum 2013, yakni:
  1. Pelatihan yang tergesa-gesa sehingga transfer knowledge dari master trainer ke guru inti tidak berjalan dengan baik,ini disampaikan sendiri oleh pihak kemdikbud.
  2. Masalah no.1 berimbas pula kepada pelatihan guru sasaran oleh guru inti,hal ini sudah diuraikan oleh Omjay (Pak Wijaya Kusumah) dari Diklat Guru Inti di Grand Hotel  Lembang dan Bu Nining Suryaningsih dari Diklat di Grand Hotel Cipanas,Cianjur.
  3. Kini muncul masalah baru, yaitu buku yang belum siap,ini diungkap sendiri oleh pak wamendikbud. 
  4. Kemudian masalah itu akan menumpuk saat pelaksanaan di sekolah.
Sebenarnya masalah 1-4 itu hanya masalah ikutan saja, itu timbul sejak perencanaannya yg tidak baik.

Soal perubahan..pasti terjadi, tetapi apakah perubahan itu seperti yangg dicanangkan ( by design ) atau karena malah jadi kecelakaan (by accident) ?
Mari kita simak dan kawal lebih lanjut perkembangan berikutnya..

sumber rujukan dari: Grup share Ikatan Guru Indonesia