3 Maret 2016

Telegram Messengger sebuah Media Kiriman Informasi Yang Bepeluang Menjadi Media Pembelajaran Siswa

Bagian 1 
(dari dua tulisan)

Telegram Mesengger

Telegram Messenger chatting sebagai medsos yang tengah begitu tren saat ini di berbagai belahan dunia merupakan pesaing kuat WA, BBM dan messenger lainnya. Aplikasi ini mungkin akan menjadi alternatif sebagai media pembelajaran kelas virtual. Menariknya memang ukuran aplikasi Telegram ini kecil bila terpasang di smartphone yang tengah digandrungi generasi X belakangan ini, disamping juga Telegram itu bisa di akses langsung via browser dengan tanpa perlu kita install. Disamping kecil, tampilannya pun sederhana. Telegram seperti sebuah kembaran aplikasi Chatting atau Messenger Whatsapp akan tetapi fiturnya lebih seru karena memiliki jalur pengaman alias Secure Chatting. Aplikasi Telegram ini bila dipasang di smarphone hanya memiliki ukuran file 8,9MB untuk apps standar, sedangkan Whatsapp 12MB, apalagi bila dibandingkan BBM 23-66MB tentunya akan memakan space v.Gingerbread saja.

Untuk download Telegram Messenger bisa langsung diambil via play.google.com/org.telegram.messenger, namun bagi pengguna PC atau Laptop yang paling praktis bisa gunakan Telegram tanpa perlu install tiggal buka browser ketik keywords -- web.telegram.org , bisa langsung bikin akun Telegram syaratnya asal punya nomor hand phone aktif saja.

A. Info terkait Chatting via Telegram

Mendaftar Telegram dengan mengunakan registrasi melalui nomor telepon. Baik nomor telepon GSM maupun CDMA semua bisa digunakan untuk Telegram Messenger. Demikian pula dengan nomor Flexi dengan angka nomor lokal dapat diterima untuk aktivasi member Telegram. Nomor telepon adalah kunci akun anda. Setiap nasuk baik sama Telegram yang aplikasinya terinstall atau langsung via browser, Log-out atau pindah ke perangkat lain tetap melalui nomor telepon. Di fasilitas akses Log-In Telegram akan dikirim nomor kode untuk aktivasi melalui kode (saat ini 5 karakter angka) itulah kode aktivasi untuk masuk ke Telegram.

Khusus untuk aplikasi Telegram bisa di install ke tablet dan smartphone khususnya Android. Tablet yang di install hanya perlu mendaftar sebuah nomor telepon. SMS aktivasi akan dikirim SMS dan dimasukan manual ke tablet Android.

Telegram juga memiliki fitur jalur secure, jadi tidak disadap. Anda bisa chatting dengan satu jalur khusus yang aman dalam pilihan fitur chatting rahasia dengan gambar kunci (menurut Telegram).

Membuat group chatting dan sharing, group chatting dapat mencapai jumlah sangat besar antara 200 sampai 1000 member, saat sudah mencapai 200 hanya memerlukan upgrade aplikasi telegram atau mengunakan akses full melalui browser. Yang menarik dari pembuat Telegram, mereka tidak jualan. Pendanaan diberikan dari para donator

Hanya meng Add Invite otomatis dari daftar Google atau dari daftar kontak di smartphone, utamanya teman yg sudah mengunakan telegram pada phonebook kita melalui notifikasi pemberitahuan dari pihak telegram dan ini akan terlihat oleh siapa dari teman kita yg sudah punya akun telegram.

Telegram punya fasilitas untuk dapat mengirim dan memindahkan file/berkas berbagai type dan size, foto, lokasi map, dan juga dokumen lainnya dengan seketika.


B. Pembuatan Akun Telegram

1. Langkah pertama: Pada apps telegram di smartphone atau saat dibukan melalui browser tampilan telegram akan muncul seperti gambar dibawah ini : 


*) Saran untuk langkah pertama buka: web.telegram.org atau install di play store aplikasi Telegram, pilih yang pa ling disukai, rekomendasi silakan pilih Telegram dengan apps ‘aniways messengger’.


2. Langkah kedua : Masukan nomor telepon diperlukan untuk registasi, nomor telepon yang dipakai harus valid atau aktif, selanjutnya setelah menuliskan nomor handphone tinggal NEXT, lihat gambar dibawah ini.



3. Langkah ketiga: Telegram mengecek nomor yang dikirim apakah valid atau tidak bila benar tinggal OK.




4. Langkah keempat: Akan terbaca generating keys berjalan diatas dan tengah mengiri informasi ke nomor handphone yang didaftarkan atau mengirim notifikasi kode via SMS ke nomor yang didaftarkan user untuk dijadikan akun Telegram. Nah saat sudah menerima kode tinggal kode tersebut dituliskan ulang. Lihat pada gambar berikut:





5. Langkah kelima: Terakhir selanjutanya tinggal nenuliskan atau menambahkan nama bisa nama asli atau pun nama panggilan, dan proses pembuatan akun Telegram bila ingin cepat tersambung dengan rekan yang lain tinggal add nomor kontak salah satu nama atau nomor teman kita yang diketahun sudah sudah aktif di telegram. Selesai..!
Semoga bermanfaat..

(bersambung...)
Kota Angin, 3 Maret 2016
Endar Sudarjat 
Guru SMPN 5 Majalengka
DEvisi Infokom IGI JABAR