31 Mei 2012

MENGENAL IGI, WEBSITE-NYA SATU MANFAATNYA BANYAK


Sudah lama IGI mendambakan mempunyai sebuah website yang bisa menjadi rujukan semua guru di Indonesia ketika membutuhkan apa saja kebutuhan guru, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran. Mau sharing tulisan bisa, mau cari media pembelajaran buatan guru lain tersedia, mau diskusi apa saja juga ada forumnya. Pokoknya komplit. Apa saja kebutuhan guru, kelak semua ada di sini (penginnya sih, hehe). 

MENGAPA WEBSITE INI PENTING? 
Sekarang banyak file berserakan di blog-blog buatan guru yang entah jumlahnya berapa. Lebih banyak lagi yang masih tersimpan rapi di laptop-laptop milik guru. Bagaimana kalau itu ditempatkan di internet yang memungkinkan semua guru bisa mengaksesnya? Dengan semangat "sharing and growing together", guru akan didorong untuk membagikan apa yang dimilikinya, dan sekaligus dia pun bisa mencari dan bertukar file atau bahan ajar buatan guru lain. Pasti dahsyat kalau ini bisa terwujud.

Saya membayangkan, kelak jika ada guru yang mau mengajarkan sebuah topik, dan butuh ide-ide segar, dia bisa mencarinya di website ini. Mencari inspirasi dari guru lain. Juga gantian memberi inspirasi kepada guru lain. Saling menginspirasi... WOW, bukankah ini kolaborasi yang luar biasa?

Sekarang, saatnya saya mengundang para guru mengisi website ini, dengan mengirimkan karya yang sudah dimiliki. Karya yang diharapkan, antara lain:

(1) PUBLIKASI ILMIAH
1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
2. Presentasi di forum ilmiah (dalam bentuk video)
3. Tinjauan Ilmiah
4. Tulisan Ilmiah Populer
5. Artikel Ilmiah
6. Buku Pelajaran
7. Modul/diktat
8. Buku dalam bidang pendidikan
9. Karya Terjemahan
10. Buku Pedoman Guru

(2) KARYA INOVATIF
1. Teknologi Tepat Guna
2. Karya Seni
3. Alat / media pembelajaran
4. Standar, pedoman, soal dan sejenisnya

Nantinya, kalau website GGM resmi dirilis, insya Alloh semua orang bisa joint untuk mendapatkan USER dan PASSWORD sehingga bisa upload sendiri ke website ini. Tapi, untuk tahap pertama, Admin yang akan memposting karya guru tersebut.

Jika berminat karya Anda tampil di website GGM ini dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang lain, segera kirimkan via email ke: info@igi.or.id 


Salam hormat,

Mohammad Ihsan 
ihsan@igi.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat pengunjung yang baik,mohon tuliskan kesan Anda pada blogs sederhana kami ini. Terikasih Anda sudah menengok pojok tulisan ini.