13 April 2016

IGI Memelopori Pengenalan Pembelajaran Kelas Maya Edmodo Kerjasama dengan Seamolec-Seameo


A. Mengenal Edmodo

1. Apa itu Edmodo ?

Pengertian Edmodo (www.edmodo.com) Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.

Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.

Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.

Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.

Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.

Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap periode kursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kursus berikutnya.

Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.

Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus, Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode ini diberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok. Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke sumber daya website dan database.

2. Fungsi edmodo

1. Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau murid dengan guru/ dosen.

2. Sebagai sarana komunikasi belajar/ berdiskusi.

3. Sebagai tempat untuk ujian/quiz, dll.

Dengan semua fitur-fiturnya, dunia maya harus menjadi media yang sempurna untuk meningkatkan kehidupan nyata pendidikan. Mencari tool pengajaran dan pembelajaran online tidaklah mudah. Untungnya, situasi telah perlahan-lahan bergeser menjadi lebih baik. Ada beberapa tool pendidikan yang hebat bermunculan di sana-sini, dan Edmodo adalah salah satunya. 

Dalam Sudut Pandang GuruEdmodo menggambarkan dirinya sebagai “jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa”. Mereka membuktikannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang dapat Anda pilih, yaitu “I’m a Student” dan “I’m a Teacher“. 
Untuk tujuan percobaan, mari lihat layanan dari kedua perspektif. Dimulai dari sisi guru terlebih dahulu. Window sign up terlihat biasa dengan semua field biasa untuk diisi. api kemudian Anda akan melihat bahwa versi siswa memiliki perbedaan khas. 

Setelah mendaftar, Anda akan mendarat di halaman home Edmodo Anda. Ini mirip dengan Facebook, dengan beberapa modifikasi di sana-sini untuk membuatnya cocok untuk tujuan pendidikan. Area update digunakan sebagai tool untuk mengirim Notes, Alarm, Tugas, dan Polling untuk sesama siswa atau guru lainnya. 

3. Dalam Sudut Pandang Siswa.

Jika Anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi Anda, Anda juga akan memerlukan kode kelompok yang akan Anda bergabung dengannya. Ini adalah kode bahwa guru Anda akan mendapatkan ketika mereka membuat kelompok. Setelah login, Anda akan menemukan daftar kelompok bahwa Anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda. Jika Anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, memiliki kode akses dan klik tombol “Join”. 
Edmodo memiliki cara untuk menjaga privasi pengguna. Konsep kelompok akan membatasi segala sesuatu yang terjadi dalam kelompok di dalam anggota kelompok. Dan karena tidak mungkin untuk bergabung dengan kelompok apapun tanpa kode akses, guru dapat menjaganya agar tidak keluar dari kelompok. 

4. Apa sih kelebihan dan kekurangan edmodo ?

Kalau menurut saya, kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut

1). Kelebihannya:
  1. Tidak sering error
  2. Orang tua dapat mengontrol hasil belajar siswa
  3. Guru dan siswa tidak harus bertatatap muka.
  4. Dapat diakses siapapun, kapanpun, dan di manapun.
2). Kekurangannya: 
  1. Membutuhkan fasilitas dan jaringan internet yang memadai.
  2. Membutuhkan kesadaran siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

B. Bagaimana cara mendaftar ke edmodo?

1. Pendaftaran Guru 

Membuat akun di Edmodo sangat mudah, kunjungi www.edmodo.com lalu pilih tombol “Saya Guru atau I’m a Teacher” untuk membuat akun baru sebagai seorang guru.  Isi form registrasi dengan data-data yang valid, lalu pilih tombol “Sign Up” sebagai pelengkap proses pendaftaran. Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran melalui email, disertai petunjuk langkah Pembuatan Akun Guru selanjutnya untuk mengatur akun Edmodo Anda. 


2. Pendaftaran Siswa 

Sebelum siswa mendaftar dan mendapatkan akun di Edmodo, mereka harus dibekali 6 digit kode grup (dapat grup berupa kelas atau mata pelajaran) dari 
guru mereka. Sekali mereka mendapatkan kode grup ini, mereka dapat dengan mudah membuat akun di Edmodo dengan memilih tombol “ Saya Siswa / I’m a Student”. Baris pertama dalam form pendaftaran siswa akan menanyakan 6 digit kode grup yang harus diisikan. Setelah itu siswa harus mengisi username dan 
password yang bersifat unik. 

Dalam hal ini sarankan siswa untuk menggunakan nama depan ditambahkan sesuai yang unik dibelakangnya. Untuk baris firstname dan lastname, siswa harus mengisikan nama mereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa ini, alamat email tidak diharuskan diisi sehingga dapat diisi atau dikosongkan saja. Setelah semua baris telah diisi, silahkan pilih tombol “sign up” sehingga pendaftaran Akun Siswa Secara Lengkap dapat diproses. 


3. Pengaturan Akun 
Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk mendapatkan pemberitahuan/notifikasi, mengatur keamanan, dan mengatur informasi profil. Untuk pergi ke pengaturan tersebut, silahkan pilih “Account” yang berupa menu drop down yang terdapat di pojok atas sebelah kanan halaman depan Edmodo Anda. 

Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah: 

a. Mengubah foto profil _ Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
 
b. Mengubah informasi pribadi _ Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email. 

c. Anda dapat mengubah kata sandi (password) 

d. Menentukan sekolah Anda _ Anda dapat memilih untuk terhubung dengan sebuah sekolah atau mengubahnya. Dalam hal ini jika Anda logged in melalui subdomain sebuah sekolah misalnya “sekolahanda.edmodo.com”, Anda akan membutuhkan kode sekolah untuk berganti ke sekolah yang berbeda lainnya. 

d. Menentukan notifikasi _ pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi, notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo Anda akan diberitahukan melalui email. Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah 
notifikasi melalui email. 

e. Tipe notifikasi _ Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akanditerima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau 
beberapa pilihan diantaranya: 
  • Alerts _ setiap ada tanda atau indikasi peringatan 
  • Notes _ setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes 
  • Direct message _ setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi 
  • Replies_ setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya. 
  • New group members _ setiap ada anggota baru di kelas Anda o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda. 
f. Privacy _ Anda dapat memilih untuk mem-blok semua permintaan 
koneksi/pertemanan atau membuat profile Anda dapat dilihat oleh jejaring pertemanan pribadi Anda dengan cara mencentang kotak yang ada di bagian bawah privacy. 

4. Notifikasi 
Bagian notifikasi terletak di pojok kanan atas halaman depan Edmodo Anda. Di bagian ini guru dan siswa dapat melihat kegiatan-kegiatan yang akan datang, balasan terhadap notes yang diposkan, alerts, dan pesan pribadi dari guru dan siswa. Semuanya yang tampil disini tergantung dari pengaturan notifikasi Anda sebelumnya. 

Guru juga dapat melihat apakah ada notifikasi jika ada anggota baru bergabung, guru baru yang ingin terkoneksi, permintaan untuk terkoneksi, dan jika ada tugas dari siswa yang perlu dinilai. 

Untuk siswa, bagian notifikasi juga akan terlihat manakala tugas tersedia dalam waktu dua minggu dan menunggu untuk dikerjakan, begitupula siswa dapat melihat notifikasi nilai yang sudah diberikan oleh guru terhadap tugas yang sudah dikerjakan. 

5. Akun Orangtua/Wali Siswa 
Akun ini merupakan sebuah langkah yang bagus untuk menginformasikan aktivitas belajar, tugas, nilai siswa kepada orangtua/wali mereka. Proses registrasi orangtua hampir sama dengan proses registrasi siswa, dengan satu tambahan keamanan yaitu setiap orangtua/wali membutuhkan kode parent yang unik untuk registrasi. Hal ini untuk memastikan bahwa hanya orangtua yang bisa berinteraksi dengan guru dan siswa/anak mereka. 
a. Bagaimana memperoleh kode parent untuk diinformasikan kepada orangtua/wali murid. 
  • Pilih grup dimana siswa terdaftar 
  • Pilih “manage” di bagian daftar anggota grup ini (adanya di panel sebelah kanan) 
  • Di halaman manage, Anda akan melihat “Parent Code Spreadsheet” . Pilih bagian ini untuk didownload dan akan berupa file dalam format excel. Didalamnya terdapat data masing-masing siswa dengan masing-masing kode untuk orangtua/wali mereka. 
Kode inilah yang harus diinformasikan oleh guru kepada orangtua/wali siswa dan kode untuk setiap orangtua siswa akan berbeda-beda (unik).

b. Bagaimana membuat akun orangtua/wali?
Untuk membuatnya cukup mudah, orangtua/wali mengakses www.edmodo.com lalu pilih tombol “I’m a Parent” yang ada dibawah tombol pendaftaran guru dan siswa. Isi form registrasi dengan menyertakan kode unik orangtua/wali yang diperoleh dari gurunya, disamping itu harus diisi hubungan orangtua/wali dengan siswanya (missal sebagai ayah, ibu, dll) beserta alamat email yang valid. 

c. Tampilan akun orangtua/wali 
Di halaman depan akun masing-masing, orangtua/wali dapat melihat komunikasi/pesan pribadi antara anak mereka dengan gurunya, setiap pesan yang bersifat umum di kelas yang disampaikan oleh gurunya, dan setiap pesan yang gurunya kirimkan khusus ke grup orangtua/wali. 

Jika orangtua/wali mempunyai beberapa siswa yang terdaftar di edmodo, mereka dapat menambahkan nama anak mereka di edmodonya dengan cara mengklik tombol “Add” yang ada di panel bagian siswa sebelah kiri. Orangtua/wali juga mempunyai pilihan untuk dapat menyaring pesan berdasarkan masing-masing siswa dengan cara mengklik nama siswa yang ada didalam panel sebelah kiri. 
Orangtua/wali dapat melihat notifikasi terhadap akun anak mereka misalnya saja notifikasi bahwa tugas belum dikerjakan dan sudah terlambat, notifikasi nilai yang sudah keluar dan notifikasi aktivitas berikutnya yang harus dilakukan oleh anak mereka. Disamping itu mereka juga dapat melihat daftar guru yang mengajar anak mereka. 

6. Kalendar 
Dengan kalendar yang terdapat dibagian atas menu navigasi, seorang orangtua dapat melihat aktivitas siswa dan tenggat waktu penyerahan tugas. Mereka dapat menyaring untuk dapat melihat kalendar satu anaknya saja atau kalendar semua anaknya yang terdaftar dengan cara mengklik menu drop down. 

7. Nilai 
Di halaman nilai, orangtua dapat melihat tugas-tugas yang telah diberikan guru kepada anaknya. Mereka dapat menyaring berdasarkan mata pelajaran yang anak mereka dapatkan (ada di panel sebelah kiri). Dengan cara memilih judul tugas tertentu, mereka dapat melihat hasil pekerjaan siswa yang juga anak mereka dan juga melihat komentar/feedback yang terjadi antara anak dan gurunya. 
Orangtua/wali dapat melihat setiap tugas yang sudah dinilai, nilai akan tertulis “-“ untuk tugas yang tidak dikerjakan siswa, N/A untuk tugas yang diberikan untuk sebagian siswa (misalnya untuk remedial) dan “waiting” untuk tugas yang sudah dikerjakan siswa tetapi belum dinilai oleh gurunya. Dibagian paling bawah penilaian, orangtua dapat melihat total nilai yang diperoleh anaknya dari total nilai yang tersedia. 

8. Setting 
Dari bagian halaman pengaturan, orangtua dapat mendaftarkan emailnya untuk dapat dikirimkan pemberitahuan/notifikasi untuk setiap tugas, pesan dan peringatan dari guru. Orangtua juga dapat mengubah foto profil dan juga alamat email dan password jika diperlukan. Untuk cara mengaksesnya sama dengan mengubah pengaturan di bagian guru/siswa. 

9. Bagaimana cara membuat grup atau masuk ke suatu grup ?
Tinggal klik tulisan join or create di sisi sebelah kiri bawah. Setelah Anda membuat grup akan muncul kode grup. Kode ini yang akan digunakan teman guru Anda, siswa Anda, atau orang tua siswa untuk join. 

10. Quiz
Dalam edmodo Anda juga dapat memberikan kuis atau tugas kepada siswa, di mana jawaban siswa dapat dikoreksi langsung (untuk soal tipe multiple choice dan true/false) , memberi penghargaan kepada siswa, dan memberi komentar pada jawaban siswa.
Pada dasarnya, jika Anda sering bermain-main dengan facebook, pastinya tidak akan kesulitan menggunakan edmodo.

Sekian, semoga bermanfaat..

Pak Guru Tonjong
Majalengka, 13 April 2016

resourses edmodo: edmodo.com