6 Mei 2016

Suatu senja di Pasar Apung Sungai Klonghae (Floating Market Klonghae)


Sewaktu saya dapat tugas dari Seameo di kawasan Thailand Selatan, saat itu saya sempat diajak jalan-jalan oleh para kru atau guru di sekolah Pirayanawin Klonghin Witayya School Pattani Thailand, yang menyertai saya saat itu Dik Nashree, Dik Rokiyah, Dik Nutiya dan Dik Aisyah, kita naik kereta (sedan) Vios mengitari berbagai kawasan wisata mulai dari kawasan danau Songkhla dimana di tengah danau terdapat Pulau Ko Yo dan menyeberang diatas kendaraan dengan kapal Feri, Pulau ini tidak seberapa luas, untuk mencapainya harus melewati jembatan Tinsulanond. Selanjutnya ke Pantai Samiila yang ada Patung Kucing dan Tikus, kemudian naik ke bukit Khao Tang Kuan.

Selanjutnya sepertinya teman-teman sengaja ingin mengenalkan almamater mereka sembari menikmati kuliner di Song Khla University yang ada di kota Hat Yai. Universitas tersebut cukup besar dan terbesar di Provinsi Song khla, kesannya memang luar biasa, selain besar juga masyarakat umum bisa menikmati jajanan kuliner di universitas tersebut, namun jangan kaget saat masuk ada pengamanan khusus harus menyerahkan tanda pengenal. Saat di dalam kawasan pusat jajanan mahasiswa ternyata banyak pilihan menu makanan, tempat begitu rapi dan bersih. Sepengetahuan saya tidak ada suasana semacam itu di Indonesia.

Terakhir saya diajak oleh rekan-rekan guru disana untuk menikmati suasana sore di kawasan Floating Market Klonghae atau Pasar Apung Sungai Klonghae dan kali ini saya abadikan lewat Youtube (di bawah ini). Yang seru di Pasar Apung ini ialah tersedianya hiburan seperti musik dan tarian khas anak-anak Melayu Thailand, dalam suasa senja sore yang sangat indah jika dilihat dari atas jembatan. kesannya asyik banget!

Pasar apung Klonghae ini memang selalu ramai pada setiap sore hari sampai petang dan menjadi tempat favorit selain masyarakat setempat juga wisatawan asing khususnya para wisatawan dari Malaysia dan Singapura untuk menghabiskan waktu liburannya sampai di petanghari sebelum mereka kembali ke negaranya yang memang bisa dilalui dengan jalan darat.

Jajanan yang ditawarkan di atas perahu kecil ini bermacam-macam. Dari mulain seafood kukus, ayam goreng, Pad Thai, hingga minuman segar dan es krim kelapa muda (daweugan) yang tentunya sangat sangat enak dinikmati di saat senja hari. Harga yang ditawarkan juga cocok dengan kantong kita khususnya para wisatawan. Untuk makanan rata-rata dibanderol 20-35 Baht sekira Rp 7.500-sampai Rp.13.000. Sedangkan untuk minuman, sekitar 15-20 Baht atau sekitar Rp 5.000 sampai Rp 7.500 saja.

Pada bagian atas dari sungai ini ada semacam pasar tradisional. Di bagian atas ada bermacam-macam model oleh-oleh selain panganan yang sudah dibungkus rapi juga ada tas kerajinan masyarakat setempat, sepatu dan juga kaos, memang untuk wisata dengan model alam pedesaan bisa dilang cukup ramai dikunjungi pengunjung. Hal penting lagi ternyata harga-harga di pasar tersebut bisa ditawar juga, menarik bukan ?

Siapa yang penasaran berwisata ke kawasan Thailand Selatan jangan lupa kunjungi tempat yang satu ini, Floating Market Klonghae, bisa dijangkau lewat darat dari Kuala Lumpur atau pun dari Singapura dan insyaAlloh jajanannya juga halal karena yang berdagang umumnya suku muslim melayu di sekitar sana.

Guru Tonjong,
Pattani Thailand, 6 Mei 2016

Youtube: Floating Market Klonghae