28 April 2016

Kenalillah Pembelajaran Daring MOOC


Lewat MOOC akan mendapati sebuah Pengalaman Pembelajaran Kelas Maya / 
Kuliah di Universitas Kelas Dunia

Massive Open Online Course (MOOC) adalah sistem pembelajaran berupa kursus atau pelatihan online secara besar-besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tanpa batas dan dapat diakses melalui website yang didisain secara khusus. Dalam sistem MOOC tersedia materi kursus baik konvensional seperti video, pembacaan dan pembahasan masalah, MOOCs juga menyediakan forum pengguna interaktif antar peserta atau member yang membantu dalam membangun komunitas untuk siswa, mahasiswa, dosen, dan asisten pengajar (TA) dan juga pembelajar umum. MOOCs merupakan perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh (e-Learning).

Meskipun MOOCs pada awalnya sering menekankan fitur akses terbuka, seperti lisensi untuk konten terbuka (open content), struktur terbuka dan tujuan pembelajaran dan connectivism, untuk mempromosikan, mendaur ulang dan remixing sumber daya, beberapa MOOCs baru juga ada yang mengadopsi lisensi tertutup untuk bahan kursus mereka, sementara tetap mempertahankan akses bebas bagi para siswa.

xMOOCs berasal dari program kuliah universitas biasa, yang dibuat berupa acara kursus online untuk memungkinkan jumlah peserta yang besar. Simbol x yang mengawali MOOC, merupakan perluasan atau ekstensi, yang tertera pada katalog Harvard University pada penomoran kursus, dimana x meng-indikasikan versi online.

Elemen tipikal di video pada xMOOC adalah kuis berupa pertanyaan tes yang harus dijawab. Tergantung pada jenis kursus, maka dapat ditambahkan unsur-unsur lain, seperti misalnya pembacaan teks atau dokumen pekerjaan rumah (PR) secara tertulis, yang tidak mesti dinilai oleh instruktur karena tingginya jumlah peserta kursus, namun dilakukan bersama oleh peserta kursus lainnya.

cMOOC diawali dengan gagasan berupa sumber daya online yang tersedia seperti teks atau video. Para peserta dapat menentukan sendiri bagaimana dan dengan cara apa mereka terlibat. Apabila mereka aktif, mereka dapat membuat materi tambahan, seperti dalam bentuk posting blog, tweets, video, atau podcast. Semuanya itu disediakan sebagai tambahan dari kursus yang ada dan selanjutnya peserta dapat menyampaikan komentar atau pendapat, mendiskusikannya atau memperluas materinya.

Dengan cara ini, terbentuk sebuah kerterkaitan silang antara peserta didik dan isinya, sebagaimana disebar luaskan dalam konteks sebuah connectivism. Awalan c pada cMOOC diambil dari pendekatan berdasarkan connectivism.

Jumlah dan jenis kursus yang ditawarkan tanpa biaya cukup banyak, baik dalam bahasa Inggris dan Internasional maupun dalam bahasa lokal, namun dapat diikuti dari mana saja.

Platform proprietary Internasional misalnya:

Coursera: A terkemuka Platform MOOC komersial dari AS. Berdasarkan data bualan September 2013 telah terdaftar tidak kurang dari 17 juta peserta didik di Coursera, yang berasal dari 190 negara dan jumlah siswa 240.000. Para peserta didik berdiskusi dalam 590.000 threads membasas pembelajaran sebanyak 251.987.004 menit dari 440 jenis kursus.

edX: merupakan platform e-learning kolaborasi terbuka dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University.
Udacity: Platform Komersial AS yang menawarkan program terutama di bidang ilmu komputer.

Class2Go: MOOC yang ditawarkan oleh Stanford University (Open Source) – merger dengan Open EDX untuk sejak Juni 2013.
Platform Open Source misalnya:

Open edX: merupakan platform perangkat lunak open source dari Google dan edX. Open edX sendiri tidak menyediakan kursus, tetapi menyediakan sebuah platform perangkat lunak bebas untuk provider lainnya secara global.

OpenMOOC: merupakan platform MOOC yang dikembangkan di Spanyol, yang mengadopsi lisensi open source lisensi Apache 2.0.

P2PU: Platform pendidikan berbahasa Inggris yang menawarkan MOOC yang isinya bernaung di bawah lisensi open source.

IndonesiaX : Platform kursus dalam berbagai keahlian profesi dengan nara sumbernya pilihan. Dengan moto Enriching Lives Through Education, IndonesiaX menawarkan Massive Open Online Course (MOOC) gratis dari universitas dan perusahaan terbaik.
Link IndonesiaX: http://www.indonesiax.co.id/

Kelas Maya Batch (1-7) Seameo-Seamolec: Online Training on Virtual Classroom Management sebuah Pembelajaran Kelas Maya yang digagas Seameo-Seamolec untuk pembelajaran jarak jauh dengan target peserta pelatihan baik bagi guru, siswa dan orang tua siswa. Kelas Maya ini merupakan pilot project Seamolec yang bisa menjangkau berbagai kalangan yang ada di Asia Tenggara lebih khusus lagi di Indonesia.

Contoh pembelajaran daring (online) untuk pemrograman yang lebih informal (misalnya diperlukan untuk pemrograman Raspbery Pi) termasuk Codingbat dan Codecademy. Codingbat menjediakan kursus untuk Java dan Python dengan serangkaian tantangan dalam pemrograman yang membantu siswa dalam membangun kekuatan bidang tertentu, seperti misalnya pada penanganan string dan logika. Codecademy adalah tempat yang tepat bagi siapa saja untuk memulai belajar pemrograman dari awal. Kursus ini mengajarkan Javascript, juga telah menambahkan modul Python baru-baru ini.

Silakan kenali lebih jauh ilustrasi MOOC lewat Video Apa itu MOOC

Demikianlah uraian singkat tentang Massive Open Online Course (MOOC).
Semoga bermanfaat
Endar@IGI-Seamolec

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat pengunjung yang baik,mohon tuliskan kesan Anda pada blogs sederhana kami ini. Terikasih Anda sudah menengok pojok tulisan ini.