21 September 2015

DOA RASULULLAH SAW YANG PALING TIDAK POPULER,DOA MINTA HIDUP MISKIN



Disebutkan dalam sebuah hadits ada doa Rasulullah SAW yang mana beliau meminta untuk hidup dalam keadaan miskin,doa ini paling tidak populer di kalangan ummat muslim.

Berikut lafazh do'anya:
"Allahumma ahyini miskinan wa amitni miskinan wakhsyurni fi zumratil masakin" [HR. At-Tirmidzi]

Terjemahannya kira-kira seperti ini:
"Yaa Allah, hidupkan aku dalam keadaan miskin, dan matikan aku dalam keadaan miskin dan bangkitkanlah aku di hari akhir bersama orang-orang miskin".

Dalam beberapa tafsir, disebutkan bahwa yang dimaksud miskin dalam doa ini bukanlah kekurangan harta, melainkan miskin di sini maksudnya adalah tawadhu’ dan rendah hati.

Imam Baihaqi mengatakan, “Menurut saya, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak bermaksud meminta keadaan miskin yang berarti kurang harta tetapi miskin yang berarti tawadhu’ dan rendah hati.” (Dinukil dan disetujui oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Al-Talkhis Habir 3:1108)

Imam Ibnu Atsir berakta dalam An-Nihayah fi Gharibil Hadis 2:385 mengatakan, “Maksud Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah tawadhu’ (rendah hati) dan agar tidak termasuk orang-orang yang sombong dan angkuh.”

Berikut diceritakan kisah dari riwayatnya:

Aisyah mendengar Rasulullah berdoa : "Ya Allah, jadikanlah gaya hidupku seperti gaya hidup orang miskin, cabutlah nyawaku dalam keadaan miskin, lalu kumpulkanlah aku pada Hari Kiamat bersama kelompok orang miskin".

Mendengar doa itu Aisyah protes : "Mengapa engkau berdoa seperti itu wahai Rasulullah ?", Beliau menjawab :

"Orang-orang miskin akan masuk Sorga 40 tahun lebih awal dari pada orang-orang kaya, wahai Aisyah jangan pernah menolak orang-orang miskin meski engkau hanya bisa memberi separuh biji korma, cintailah orang miskin dan dekatkanlah mereka kepadamu agar Allah juga mendekatkanmu kepadaNYA pada Hari kiamat nanti". [HR.Tirmidzi, Baihaqi dan Mundziri]

Astaghfirullahal'adzim betapa mulianya beliau Nabi SAW dan betapa bodohnya kita yang mengaku ummatnya yang selalu ingin hidup kaya raya dan bergelimang harta benda...

Allohu'alam bish showab