25 April 2012

6 Karakter Guru Sukses




Untuk melahirkan murid-murid yang sukses, maka harus dimulai dari ikhtiar para guru. Ibarat membuat batu bata kalau kita ingin agar batu batanya berbentuk kotak, maka kita harus mempersiapkan cetakan berbentuk kotak. Masalah nanti ternyata ada batu bata yang tidak berbentuk kotak, itu masalah lain. Bisa dibilang kemungkinannya 1001.

Namun, bila cetakannya sudah bulat, maka bisa dibilang mustahil akan terbentuk batu bata yang kotak. Nah berikut ini saya tuliskan 6 karakter guru yang sukses.

  1. Selalu siap untuk meningkatkan pengetahuan seputar materi pelajarannya, yaitu dengan membaca dan melakukan pembahasan dengan mendalam, hingga dia bisa menggabungkan materi tersebut dengan pengetahuan yang baru. Di samping itu, dia memiliki metode yang baik untuk memberikan pemahaman kepada murid-muridnya.
  2. Mengenal dengan baik sarana-sarana modern dalam pendidikan, sehingga dirinya dapat mentransfer pengetahuan-pengetahuan yang ada dengan mudah.
  3. Mengetahui beberapa karakter pertumbuhan jiwa para murid, sehingga dia mampu menghadapi perbedaan antara setiap individu dari sisi jiwa, akal dan emosional. Dengan hal ini, sang guru menjalankan proses pendidikan sesuai dengan arah perkembangan kejiwaan murid, bukan bertolak belakang dengan perkembangan jiwa mereka.
  4. Bersikap obyektif. dalam arti, bersikap sama kepada semua murid; tidak pilih kasih, atau memberikan satu stempel kepada salah seorang murid. Menjauhi sikap condong kepada sebagian murid dan menafikan yang lain.
  5.  Memiliki sifat inovatif dan kreatif. Dengan kata lain, memakai sarana-sarana terbaru dalam mendidik.
  6.  Murid-murid merasa dihormati dan dihargai ketika bersamanya. Di samping itu, para murid merasa bahwa gurunya adalah pemilik kemuliaan karena dialah yang telah memberikan ilmu kepadanya, menunjukkan akhlak yang baik, bahkan membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahannya; baik berhubungan dengan materi pelajaran maupun tentang kehidupan sosial.


Kebahagiaan sejati seorang guru adalah ketika melihat anak didiknya berakhlaq terpuji, taat dalam menjalankan agamanya, berguna bagi masyarakat dan lingkungannya, aktif, kreatif, inovatif serta terus belajar sepanjang hidupnya.