25 April 2012

Berbagai Cara Mempercepat Koneksi Internet




Browsing Internet dengan kecepatan yang tinggi pasti sangat menyenangkan, berbagai cara dilakukan untuk mempercepat koneksi internet baik menggunakan software agar koneksi internet menjadi lebih cepat maupun menggunakan settingan tertentu yang diklaim bisa mempercepat koneksi internet. namun untuk pilihan dengan menggunakan software sebetulnya ini dipastikan tidak mungkin karena koneksi internet kita sudah di set oleh ISP (Internet Service Provider) atau pihak yang menyediakan koneksi internet yang kita pakai sesuai dengan bandwidth (lebar pita) yang kita miliki, artinya jika kita hanya memiliki bandwidth sebesar 512 MB tidaklah mungkin kita bisa melakukan koneksi melebihi 512 MB. Tulisan ini hanya ingin menitik beratkan pada optimalisasi koneksi internet yang kita miliki, karena tidak jarang koneksi yang didapat pada saat browsing ataupun download tidak sesuai dengan bandwidth yang kita miliki.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet :

A. TUTORIAL TIPS 1

Langkah Pertama : Menggubah setting bandwidth Pada windows Pada dasarnya OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 80% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal,Jika anda ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.

Ikuti petunjuknya seperti dibawah ini :
1. Klik Start 
2. Klik Run 
3. Ketik gpedit.msc 
4. Kemudian klik OK 
5. Setelah masuk klik Administrative Templates 
6. Kemudian Klik Network 
7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler 
8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth 
9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable 
10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0 
11. Klik Apply, OK
12. Kemudian keluar dan Restart komputer 

(Catatan: Bandwidth sebesar 20% dipakai cadangan oleh windows untuk keperluan misalnya update)


Langkah kedua : Gunakan DNS dari OpenDNS untuk koneksi internet yang lebih cepat dan lebih aman.

1. Klik Start 
2. Klik Control Panel 
3. Pilih Network & Internet Connection 
4. Klik Network Connection 
5. Klik Kanan Local Area Connection pilih Properties 
6. Pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian Klik Properties 
7. Klik Use Following DNS Server 
8. Isi Preferred DNS Server dengan angka : 208.67.222.222 
9. Isi Alternate DNS Server dengan angka : 208.67.220.220 
10. Kemudian Klik OK (DNS atau Domain Name Server sebetulnya sudah disertakan oleh ISP jika DNS dari ISP ternyata membuat koneksi lebih lambat, anda bisa memakai alternatif dari open DNS)

Langkah Ketiga : Jika menggunakan Browser Firefox gunakan add on Fasterfox.

Fasterfox adalah sebuah addon yang berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan melakukan optimasi pada network dan cache browser. Fungsi dari cache adalah untuk menyimpan data sementara dari website yang kita kunjungi, sehingga ketika kita membuka kembali website tersebut proses loading-nya akan lebih cepat karena datanya telah disimpan di cache.

Beberapa optimasi yang dapat dilakukan oleh fasterfox adalah: HTTP pipelining, Memory caching, Disk caching,DNS caching,FastBack caching.

Langlah Keempat: Bagi pengguna Firefox, silahkan pasang Adblock

Fungsi Adblock adalah untuk mem-filter iklan-iklan yang tidak perlu pada saat kita browsing, sehingga proses loading akan menjadi lebih cepat dan maksimal.

B. TUTORIAL TIPS 2

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepetan akses internet di antaranya dengan menyetting browser, menggunakan openDNS atau menggunakan Google Web Accelerator.

Setting melalui open DNS sendiri sebenarnya banyak yang meragukan apakah bisa membuat koneksi cepat atau tidak ada pengaruh apa-apa, coba anda baca polemiknya di forum. Sedangkan Google Web Accelerator didesain jika anda menggunakan koneksi broadband seperti cable dan DSL, tetapi untuk dial-up (mis. telkomnet instan atau speedy) juga dapat mempercepat koneksi. Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating system harus windows XP atau windows 2000 dan browser nya harus (minimal) IE 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. kalau untuk browser lain juga bisa tetapi harus menkonfigurasi proxy settingsnya dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9-100 pada HTTP. Setelah melakukan instalasi, Google web accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser dan icon tray di pojok bawah layar desktop.

Untuk cara Setting Browser, silakan ikuti cara2 ini:
Bagi pengguna Internet Explorer: 
Pilih menu [Tools
Pilih [Internet Option
Klik tab [General
Pada opsi “Browsing History” klik [Setting] lalu pilih Automatic 

C. TUTORIAL TIPS 3

Cache sebenarnya berfungsi supaya browser yang kita gunakan tidak perlu lagi me-load halaman halaman yang sebelumnya sudah kita buka (web yang pernah kita kunjungi), dengan cara ini kita bisa menyimpan cache lebih besar, dan ada juga pemblokir pada trojan-nya lagi,  manteb deh pokoknya.

Untuk ukuran penyimpanan cache bisa tak terbatas tergantung dari besar muatan hardisk anda. Jadi untuk memperbesar cache bisa sesuai dengan keinginan anda.

Ada beberapa konfigurasi yang di lakukan untuk melakukan cara ini, langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:

Membuat Konfigurasi : 

1. Klik tool pada menu internet explorer, klik internet options
2. Pada tab connections, klik LAN Settings
3. Proxy Server diberi tanda centang, isikan Address 127.0.0.1? & set port", misal “8080"?
4. Klik OK
5. Pada tab advanced, lihat pada tree HTTP 1.1 settings, beri tanda centang
- Use HTTP 1.1 
- Use HTTP 1.1 through proxy connection
6. Klik OK

Bagi yang menggunakan internet melalui akses dial-up, cara settingnya sbb:

1. Klik tool pada menu internet explorer, klik internet options
2. Pada tab connection, frame Dial-UP and Private Network Settings, klik Settings
3. Proxy Server diberi tanda centang, isikan Address “127.0.0.1? & set port, misal “8080"?
4. Klik OK
5. Pada tab advanced, lihat pada tree HTTP 1.1 settings, beri tanda centang
- Use HTTP 1.1 
- Use HTTP 1.1 through proxy connection
6. Klik OK

Bagi yang pakai mozilla firefox ada juga settingannya di Menu Tool, Advanced, Sub menu Option, Network connection, klik setting, Proxy Server diberi tanda centang, isikan Address “127.0.0.1? & set port tool ini, misal “8080? dan klik OK.

Nah untuk selanjutnya perlu juga tambahan aplikasi yang bisa di download di sini.

D. TUTORIAL TIPS 4

Koneksi internet anda lelet...? 
Silahkan anda coba software Onspeed 6.0.9, software ini bisa meningkatkan kecepatan internet anda hingga 10 kali lipat...!!!
(Dial-up – 10x Faster, Broadband – 5x Faster, Mobile connections – 8x Faster). Saya pribadi memang tidak menggunakan software ini , tapi bolehlah anda coba (taruh komentar anda ya, apakah software ini benar-benar berfungsi apa tidak)

Di bawah ini ada beberapa software lainnya yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan browsing internet anda:

1. Flash Speed 200% Flash Speed 200% is an Internet accelerator that help you optimize your Internet connection speed 200% or more. The software changes some Windows settings to give you faster performance, and optimize your Internet connection speed 200% or more according to your computer. It support optimiz Dial-Up, Lan, Cable, ADSL, HDSL, VDSL and PPPoE connections up to 200% faster. Increase your download speeds.
2. CFosSpeed Tool ini Untuk Mempercepat Akses Internet Cocok Buat Koneksi Lemot (Traffic Compresson System)
3. Dsl Speed DSL Speed is a prefessional tool that will online optimize your 
4. DSL(e.g.,ADSL,G.lite,IDSL,SDSL) connection speed to MAX. 

Main Features: 

  1. Online optimize your DSL (ADSL) connection speed. 
  2. Auto verify your ISP’s MTU and your DSL (ADSL) unique optimize  value. 
  3. Faster loading Web Pages. 
  4. Tweaks DNS Errors Caching In Windows 2000/XP. 
  5. Tweaks ICS In Windows 98SE.
  6. Download DSL Speed
  7. Internet Turbo Software untuk meningkatkan kecepatan internet
  8. Download Internet Turbo
  9. Modem Boster Software untuk mempercepat kinerja Modem
  10. Download Modem Boster
  11. Firefox Ultimate Optimizer Software untuk optiamasi Browser firefox
  12. Download Firefox Ultimate Optimize
  13. FullSpeed2.7 Dramatically speed up your existing Internet broadband connection and get the best performance possible from your current Internet connection. Full Speed will increase your online Internet speed with everything you do: faster downloading, web browsing and web page loading, data streaming, email, P2P and gaming. Full Speed will also improve the performance of business communications which utilise Broadband technologies including Remote Desktop sessions, Intranets and Extranets over VPN’s and WANs . One click it’s done; no questions or any knowledge is required. Full Speed has a ‘Clean’ Award from Softpedia confirming that it is completely Spyware FREE. Full Speed also has no banners, popups, adverts, contracts, subscriptions, viruses or malware of any kind. Free performance testing software is also included for testing and comparison of download speeds and Web browsing performance.
Semoga bermanfaat...

sumber: all ngopreks